Sabtu, 22 November 2008

Apa itu sistem politik?

Mungkin sebagian orang sudah buku David Easton. Tapi saya hanya bertujuan untuk lebih mensosialisasikan politik terutama untuk kaum muda yang menurut saya masih sedikit acuh tah acuh terhadap politik.

Seperti sebuah system pada umumnya, seperti system ekonomi, system informasi dll. Sistem politik tidak dapat berdiri sendiri melainkan berkaitan satu sama lain. Jadi sebuah system tidak akan berjalan jika faktor – faktor pendukung lainnya tidak tidak ada / berjalan.


Apa saja faktor – faktor pendukung itu?
Dalam bukunya David Easton dijelaskan secara beberapa faktor yang mendukung terjadinya / berjalannya system politik diantaranya : Lingkungan, Input ( Tuntutan dan dukungan), system politik itu sendiri, Output ( Keputusan atau kebijaksanaan)

Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :


Dalam system politik dikenal dengan sebutan Input, Input disini dibedakan menjadi 2 jenis yang sangat pokok yaitu tuntuan dan dukungan.


Input (Tuntutan)

Sebelum mempelajari tuntutan perlu diketahui pula tentang bagaimana lahirnya tuntutan di dalam suatu masyarakat. Tuntutan berasal dari 2 sektor : Pertama dari lingkungan system itu sendiri (tuntutan dari luar) dan kedua dari system itu sendiri (tuntutan dari dalam)

Apa itu tuntutan dari luar? Dalam gambar di atas bisa kita lihat faktor lingkungan. Di dalam lingkungan, terkandung berbagai sistim seperti, sistim ekologi, sistim ekonomi, system kebudayaan, system kepribadian, sistim sosial dan sistim demografi. Keseluruhan sistim ini melahirkan serangkaian variabel yang mempengaruhi pembentukan tuntutan – tuntutan yang masuk ke dalam sistim politik.

Tuntutan dari dalam adalah tuntutan yang bersumber kepada situasi di dalam sistim politik itu sendiri. Dalam proses di dalam sistim politik, tumbuhnya tuntutan mengakibatkan terjadinya perubahan di antara para anggota sistim politik itu sendiri.

Tuntutan dari dalam ini juga bukanlah input kedalam sistim tetapi hal itu merupakan sesuatu sesuatu yang bisa sebut sebagai “input dari dalam” (“withinput”).


Input (Dukungan)

Tuntutan sebagai input tidak cukup untuk menujang agar suatu sistim politik dapat beroperasi. Untuk menghasilkan sebuah keputusan, dukungan merupakan faktor yang tidak kalah penting. Dukungan dalam sistim politik mempunyai 3 objek diantaranya adalah : Masyarakat, rezim, dan pemerintah.

Masyarakat

Tidak ada suatu sistim politik yang bekerja secara berkelanjutan kecuali jika anggotanya bersedia untuk mendukung suatu kelompok yang berusaha unuk menyelesaikan perbedaan – perbedaan atau mengusahakan suatu keputusan secara damai dan bersama – sama. Masalahnya sangat jelas yaitu kebiasaan bekerja di bawah motto pertumbuhan persatuan nasional sering diremehkan, padahal faktor ini merupakan landasan dari kelangsungan hidup suatu sistim politik.

Rezim

Rezim juga merupakan bagian dari dukungan.alasan kenapa rezim bagian dari dukungan karena terdiri dari serangkaian pengaturan tata cara yang mengukuhkah masuknya tuntutan ke dalam sistim dan tata cara pelaksanaan keputusan secara efektif.

Pemerintah

Dalam hal ini pemerintah juga berperan aktif sebagai pendukung dalam faktor pendukung ini. Pemerintah bisa memperoleh dukungan dari berbagai macam cara yaitu melalui bujukan,persetujuan ataupun manipulasi.



Jadi semua faktor – faktor dari input yaitu tuntutan ada berupa tuntutan dari dalam dan ada pula tuntutan dari luar serta tidak ketinggalan yang dinamakan dukungan di proses di dalam sistim politik itu sendiri yang akan menghasilkan sebuah keputusan atau kebijakan yang merupakan bagian dari output tersebut.

Tidak ada komentar: